16 Oktober 2008

E- commerce

E-commerce adalah kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya. Saat ini masyarakat dapat menikmati fasilitas berbelanja tanpa harus pergi ke counter penjualan. Hanya memerlukan jaringan internet untuk dapat memilih barang yang disuka, semua dilakukan dengan mudah...dan melakukan transaksi jual beli hanya dengan jasa bank (kartu kredit atau transfer via bank) dengan mengisi form transaksi jual beli.
Dengan menggunakan SET (Secure Electronic Transaction) , kerahasiaan informasi customer (berupa nama dan nomor kartunya) bisa dijaga. SET juga bisa menjaga autotentifikasi atau identitas penjual dan customer, sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh sembarang orang.
Para penyedia Jasa memberikan garanty keamanan atas barang yang telah di order. Salah satu perusahaan yang telah menerapkan E- commerce adalah Risti Shop.

5 komentar:

adityo wicaksono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
adityo wicaksono mengatakan...

enak sih blanja lewat internet, bisa blanja bahkan gak perlu kluar rumah. tapi sebenernya ada sesuatu yg ilang kalo blanja lewat internet, kita gak bisa nyoba & megang2 itemnya sebelom beli. bener gak? hehe

Ihwa mengatakan...

Ya walopun gak bisa megang-megang, kita masih bisa belanja di rumah tanpa harus mandi dan dandan dulu..
hehehe..

Caesario Farady mengatakan...

Ato klo perlu sambil tidur mesan lewat mimpi bisa kan ? Hehe... Tp bisa juga nggak kalo kita lagi di jalan n mesan lwt ngenet di HP terus sampe dimana kita berada wlo di tengah laot?

Anonim mengatakan...

enakan juga belanja di pasar bisa nawar tapi kalo dilihat dari segi efektis menurut gw e commerce lebih menguntungkan..

www.amirlazuardi.blogspot.com
in "how to learn information system"